Edukasi Keselamatan Bersama di Jalur ROW

BOJONEGORO – ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL) bersama IDFoS  Indonesia bersama EMCL menggelar kegiatan Rembug Tani, pada Rabu (12/10/2022). Kegiatan dilaksanakan di pendapa Balaidesa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro,  Kepala Desa Ngumpakdalem dan Sumbertlaseh, perangkat desa Ngumpakdalem dan Sumbertlaseh. Serta, 20 orang petani penggarap lahan di jalur ROW dari desa Ngumpakdalem dan Sumbertlaseh.

Acara rembug berjalan dengan gayeng. Diawali dengan sambutan, dan disusul sosialisasi program oleh Ahmad Muhajirin dari IDFoS Indonesia. Hajir, sapaan akrabnya, menyampaikan sosialisasi do and don’t kepada para petani penggarap lahan serta menyepakati tokoh kunci komunitas sektoral yang bertugas mengingatkan para petani tentang keselamatan jalur pipa.

Baca juga:  IDFoS Dampingi Pembuatan Pupuk Kompos Organik

Berdasarkan hasil kesepakatan bersama, untuk wilayah Desa Ngumpakdalem diketuai oleh Suyanto, warga Desa Pacul yang menggarap lahan di desa Ngumpakdalem. Sedangkan untuk Desa Sumbertlaseh diketuai oleh Abdul Jalil, warga Dusun Balongsumber, Desa Sumbertlaseh.

Sementara itu, dari Dinas Pertanian Bapak Ngatno dalam kesempatan tersebut memberikan penyuluhan terkait perawatan tanah, siklus  penanaman dan perawatan rubuha (rumah burung hantu).

Right of Way (ROW) adalah jalur pipa penyaluran minyak yang diproduksi dari lapangan minyak Banyu Urip oleh EMCL. Jalur ini melintas di Bojonegoro dan Tuban dengan panjang 72 km yang ditanam di bawah permukaan tanah. Jalur ROW berada di wilayah Perhutani, PT. Kereta Api (KA), lahan masyarakat, dan tanah irigasi Sungai Bengawan Solo.

Baca juga:  FGD Pemetaan Potensi BUMDes Bandungrejo

Koridor ROW jalur pipa minyak Banyu Urip selebar 12 meter dan panjang 72 km. Bagi masyarakat yang akan beraktivitas di koridor ROW harus menaati standar keselamatan dan keamanan jalur pipa minyak tersebut.

Edukasi yang terus menerus bagi masyarakat masih sangat diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran tentang keselamatan Bersama, khususnya di jalur ROW.

Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Sekitar ROW 2022 merupakan program yang difasilitasi IDFoS Indonesia dan diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited dan didukung penuh oleh SKK Migas. (ika/yok)