,

LMDH Ngasem Barokah Bayarkan Zakat Maal , Hasil Usaha Pertanian dan Peternakan

Kamis (23/11/2023) ketua LMDH Ngasem Barokah, Wiji bersama sekertaris di didampingi Manager Program IDFoS Indonesia, Sunariyo datang ke kantor LAZISMU Kab. Bojonegoro. Tujuannya adalah untuk menyerahkan zakat maal usaha budidaya peternakan kambing yang dikelola oleh LMDH Ngasem Barokah Desa Ngasem, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro. Kedatangan mereka di kantor LAZISMU disambut langsung oleh manager kantor, Rudi Suparno serta ibu Muntafi’ah.

Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).

Dengan menyisihkan 2,5% hasil penjualan usaha budidaya kambing tersebut merupakan bentuk ikhtiar dari kelompok agar usaha yang dikelola LMDH diberikan keberkahan dan berjalan lancar.

Baca juga:  FGD Pro Mama Asih di Puskesmas Gayam

Rezeki tidak hanya berupa harta, kesehatan juga merupakan rezeki, dengan nikmat kesehatan anggota LMDH dapat bekerja mengelola peternakan, pertanian, perikanan juga mengelola hutan untuk kesejahteraan bersama, ucap Muntafi’ah ketika menerima kedatangan LMDH Ngasem Barokah.

Dalam kesempatan lain, ketua IDFoS Indonesia Joko Hadi P menuturkan bahwa pembayaran zakat ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong Kelompok Tani Hutan atau LMDH untuk menyadari bahwa zakat adalah suatu kewajiban seorang muslim yang harus ditunaikan, kemudian setiap yang dia peroleh itu ada hak sosial  yang harus diberikan, serta untuk latihan disiplin atau membiasakan diri untuk berinfaq.

Dalam hal ini, LAZISMU juga merupakan salah satu aktor kolaborasi hexahelix dalam  implementasi Program Agrosilvopastura Fishery di kabupaten Bojonegoro.(ika)

Baca juga:  IDFoS Galang Dukungan Pemerintah Untuk “Dalem Mandiri Sejahtera”