Pelatihan Rencana Usaha BUMDesa Usaha Bakti Manunggal

pelaksanaan Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha BUMDesa Kaliombo

BOJONEGORO – Selasa (16/11/2021) dilaksanakan Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha BUMDesa untuk Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Melalui Optimalisasi Unit Bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Kegiatan ini diprakarsai oleh PT Pertamina EP Cepu dan SKK Migas serta difasilitasi oleh IDFoS Indonesia.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan BUMDesa dalam melaksanakan dan mengelola usaha. Pelatihan rencana usaha menjadi langkah awal untuk melakukan sebuah usaha. Dengan adanya perencanaan yang terukur akan membantu anggota BUMDesa dalam melihat prospek bisnis yang dijalankan.

Penyampaian materi Manajemen Organisasi oleh Rizal Zubad F.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama dua hari (16-17 November) ini, diikuti tujuh peserta. Mereka terdiri dari pengurus dan anggota BUMDesa Usaha Bakti Manunggal Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari. Kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB dan bertempat di Balaidesa Kaliombo.

Baca juga:  Rembug Warga Sosialisasi Pelaksanaan Program

Peserta diberikan wawasan terkait dengan Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh Rizal Zubad F. Materi Produk dan Produksi oleh Layli Mubarokah; Pemasaran oleh Ahmad Muhajirin; serta, Aspek Keuangan dan Analisa Kelayakan Usaha oleh Joko Hadi Purnomo.

Diharapkan, dengan adanya pelatihan tersebut, BUMDesa mampu menyusun rencana usaha dan menganalisa kelayakan usaha, yang rencananya akan mengelola budidaya ayam petelur. (ika/yok)