Pertemuan Rutin Ibu KTH Ngasem Barokah

Pertemuan rutin ibu-ibu KTH Ngasem BarokahDengan difasilitasi oleh IDFoS Indonesia, Selasa (18/07/2023) dilaksanakan Pertemuan Rutin bulanan bersama ibu ibu KTH Ngasem Barokah dikediaman ketua KTH Ngasem Barokah Pak Wiji Desa Ngasem Kecamatan Ngasem, Bojonegoro.

Pertemuan rutin ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana perkembangan atau progres dari program Agrosilvopastura-Fishery, seperti progres tanaman pertanian, tanaman kehutanan, kesehatan tanaman dan progres progres kegiatan lainya.

Setelah pelaporan progres kegiatan dilahan, dilanjutkan diskusi dengan ibu-ibu KTH Ngasem terkait rencana perawatan tanaman baik itu tanaman pertanian (cabai dan terong), tanaman kehutanan dan juga tanaman MPTS, rencana pembelian kambing untuk budidaya, perawatan budidaya kambing, dan pengumpulan tabungan bersama.

KTH Ngasem Barokah berinisiatif menggalang tabungan bersama untuk keperluan kegiatan yang ada dilahan baik itu peternakan, perikanan dan pertanian. Para Ibu-ibu menabung dirumah kemudian setiap ada pertemuan dikumpulkan menjadi uang kas kelompok dan digunakan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan untuk program Agrosilvopastura fishery tersebut.

Baca juga:  Capai Kesepahaman Lewat Koordinasi

Dalam diskusi tersebut Ibu-ibu berkomitmen ikut terlibat dalam memelihara kambing, mereka memiliki fungsi manajerial usaha terutama manajemen keuangan. Pengelolaan teknis budidaya di kandang dijalankan oleh bapak-bapak anggota KTH.

Program Agrosilvopastura-Fishery merupakan kolaborasi para pihak. SKK Migas bersama dengan Pertamina EP Cepu  salah satu pihak yang berkontribusi dalam program. (ika/yok)