Satu Lagi, PKM di Tuban Perbaiki Layanan dengan CC
TUBAN – Pusat Masyarakat Kebonsari (PKM) Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban menjadi puskesmas keempat yang peduli perbaikan layanan dengan menerapkan Maklumat Pelayanan atau Citizen Charter (CC).
Pada Kamis (18/2/2016), PKM Kebonsari menggelar sosialisasi CC yang difasilitasi oleh IDFoS Indonesia. Sosialisasi CC dilaksanakan di salah satu rumah makan di Tuban dengan mengundang kader posyandu, tokoh masyarakat, dan stakeholder desa di kecamatan Tuban kota.
Kepala Puskesmas Kebonsari Noor Istikhawari mengungkapkan ketertarikannya untuk menerapkan CC di PKM Kebonsari.
“Untuk meningkatkan pelayanan dan mengundang keikutsertaan masyarakat di Kebonsari, kami tertarik mengadopsi pelayanan publik menggunakan pendekatan partisipatif dengan CC. Terlebih ini sudah dimandatkan dalam UU No 25 Tahun 2009 pasal 15 tentang Pelayanan Publik,” ungkap Noor di rumah makan C best, Kamis siang.
Ainun Naim, koordinator program Citizen Charter mengatakan, Kebonsari merupakan puskesmas keempat di Kabupaten Tuban yang ikut menerapkan CC dalam upaya memperbaiki pelayanannya.
“Kita patut mengapresiasi untuk penyedia layanan, khususnya puskesmas di Tuban yang telah bersemangat untuk melakukan perbaikan layanan. Puskesmas Soko menjadi yang pertama. Lalu diikuti Puskesmas Ponco, Jenu, dan Kebonsari yang baru saja dilakukan sosialisasi,” ujarnya. (iwd/yok)