Jenu Puskesmas ke-2 di Tuban Ikut Terapkan Maklumat Pelayanan
TUBAN – Puskesmas Jenu, Kabupaten Tuban baru saja melakukan konsultasi publik dan penandatanganan Maklumat Pelayanan di balai pertemuan Kecamatan Jenu, Tuban, pada Kamis (1/9/2016).
Acara yang dirangkai dengan seminar pelayanan publik tersebut merupakan proses akhir dalam penyusunan standart pelayanan menggunakan Citizen Charter atau Maklumat Pelayanan.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Syaiful H, camat Jenu, Kapolsek Jenu, Danramil Jenu, Direktur IDFoS dan masyarakat Jenu yang tergabung dalam Forum Masyarakat Madani (FMM).
Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Dinkes Tuban, Syaiful H. Dalam sambutannya, dia menuturkan, dengan diterapkannya Maklumat Pelayanan akan terjadi komunikasi dua arah antara pengguna dan pemberi layanan.
“Apa yang dipunyai oleh pemberi layanan, yakni Puskesmas Jenu, dan apa yang dimaui oleh pengguna layanan, yakni masyarkat, akan sama-sama dipahami. Inti dari Maklumat Pelayanan ini adalah adanya keseimbangan hak pengguna dan pemberi layanan yang akan mewujudkan pelayanan yang baik, selain sebagai syarat akreditasi puskesmas,” paparnya.
Ditambahkannya, penerapan Maklumat Pelayanan ini tidak bersifat statis. Dalam artian masih diperlukan terus untuk melakukan pembaharuan isi Maklumat Pelayanan secara periodik, sesuai dengan perkembangan waktu, perkembangan SDM, dan tuntutan dari masyarakat.
Setelah sambutan dari Kepala Dinkes, dilanjutkan dengan sambutan Camat Jenu Kasmuri, dan Direktur IDFoS Indonesia Ahmad Taufiq yang diteruskan dengan seminar pelayanan Publik yang menhadirkan dua narasumber yakni Agus Widyarta dari Ombudsman, dan Rizal Zubad Firdausi dari IDFoS Indonesia.
Selain seminar, inti dari acara ini adalah pemaparan isi draft Maklumat Pelayanan yang berisi tentang poin-poin kesepakatan Standart Pelayanan di Puskesmas Jenu, yang diambil dari masukan-masukan masyarakat berdasarkan baseline pelayanan puskesmas Jenu pada proses sebelumnya.
Pemaparan isi Maklumat Pelayanan disamaikan oleh Dr. Dede selaku kepala Puskesmas Jenu dan mekanisme komplain masyarakat yang disampaikan oleh Zawawi selaku ketua Forum Masyarakat Madani (FMM) Kecamatan Jenu.
Pasca pemaparan acara dilanjutkan dengan konsultasi publik terkait isi dari draft Maklumat Pelayanan. Setelah seluruh forum yang hadir menyepakati, dilanjutkan dengan penandatanganan draft Maklumat Pelayanan yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Jenu, diwakili oleh kepala Puskesmas Jenu dan dari pihak IDFoS Indonesia yang diwakili oleh Ahmad Taufiq selaku Direktur IDFoS Indonesia.
Untuk diketahui, Puskesmas Jenu merupakan puskesmas kedua di Kabupaten Tuban yang menerapkan pelayanan menggunakan Maklumat Pelayanan atau Citizen Charter. Puskesmas pertama di Tuban yang telah lebih dulu mengimplementasikannya adalah Puskesmas Soko, Tuban. (iwd/yok)