Serah Terima Program dan Musdes Kinerja BUMDesa

Serah Terima Program dan Musdes Kinerja BUMDesa

BOJONEGORO – PT Pertamina EP Cepu bersama IDFoS Indonesia menggelar Serah Terima program dan Musyawarah Desa Pelaporan Kinerja BUMDesa pada Senin (07/02/2022). Kegiatan berlangsung di Balaidesa Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro.

Agenda serah terima dihadiri oleh Kepala Desa Kaliombo, Pengurus BUMDesa, Perwakilan Kecamatan Purwosari, bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, perwakilan PEPC serta tim IDFoS Indonesia.

Melalui program ini BUMDesa Usaha Bhakti Manunggal Desa Kaliombo mendapatkan dukungan berupa pendampingan mulai dari revitalisasi kepengurusan BUMDesa, penyusunan dan pengesahan AD/ART, pelatihan rencana usaha, pelatihan analisa kelayakan usaha, asistensi penyusunan keuangan dan pelaporan serta magang budidaya ayam petelur.

Selain itu, BUMDesa juga mendapatkan dukungan berupa fasilitas produksi  (kandang) beserta seribu ekor ayam petelur.

Baca juga:  Capacity Building IDFoS Indonesia

Edy Purnomo, selaku JTB Site Office & Manager PEPC berpesan agar jangan sampai unit bisnis tersebut mandek di sini. Karena, yang paling sulit itu merawatnya.

“Kalau program ayam petelur ini semakin berkembang kan keuntungan BUMDesa juga akan bertambah. Pada gilirannya manfaatnya akan dirasakan oleh warga desa sendiri. Sekali lagi mari kita bersama-sama untuk memajukan usaha ini,” harapnya.

Kepala Desa Kaliombo, Rohmat Edi menyampaikan rasa terimakasih kepada PEPC telah memberikan support kepada masyarakat dalam upaya peningkatan sumber daya ekonomi di desanya.

“Supaya bisa berjalan dengan baik, jangan sungkan-sungkan untuk berkomunikasi dengan teman-teman pendamping,” paparnya.

Sementara itu, Laily Mubarokah, selaku manager program IDFoS Indonesia menuturkan, dalam beberapa minggu ke depan ayam akan mulai bertelur dan berproduksi.

Baca juga:  Sosialisasi dan Tracking di Sepanjang Jalur Pipa Minyak Banyu Urip

“Kami berharap warga di sini dapat bersinergi dengan BUMDes agar kita semua dapat sejahtera bersama dengan usaha ini dan nantinya tidak perlu jauh-jauh ke pasar kecamatan untuk beli telur, karena dapat beli di BUMDes setempat,” ujar Laily.

Usai dilakukan serah terima program secara simbolis oleh Pertamina EP Cepu kepada pemerintah Desa Kaliombo, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pelaporan kinerja oleh Mujiono, pengurus BUMDesa Usaha Bhakti Manunggal Desa Kaliombo.

”Semoga ke depannya ayam petelur tersebut mampu memproduksi telur secara maksimal  sehingga dapat memasok permintaan telur  khususnya masyarakat Bojonegoro,”harapnya.

Kegiatan ini merupakan penutup dari Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat Melalui Optimalisasi Unit Bisnis BUMDesa diprakarsai oleh PT. Pertamina EP Cepu dan SKK Migas serta difasilitasi oleh IDFoS Indonesia. Pendampingan program berlangsung selama lima bulan mulai September 2021 sampai Februari 2022. (ika/yok)

Baca juga:  Syukuran Pendirian Rumah Kandang Ayam BUMDesa